Kerajinan Bambu

Bambu sudah dikenal oleh masyarakat sebagai bahan bangunan sejak ratusan tahun lalu. Tanaman rumpun bambu dapat ditemui di pedesaan, bahkan sebagian besar masyarakat desa mempunyai rumpun bambu di pekarangannya. Bambu juga digunakan untuk berbagai keperluan masyarakat, mulai dari keperluan rumah tangga hingga pertanian.
Di samping kekuatan bambu cukup tinggi ( dari hasil penelitian yang dilakukan para ahli, kekuatan tarik pada bagian kulit bambu untuk beberapa jenis bambu melampaui kuat tarik baja mutu sedang ), bambu ringan, dan  sangat cepat pertumbuhannya ( hanya perlu 3 – 5 tahun sudah siap ditebang ), berbentuk pipa ber ruas sehingga cukup lentur untuk dimanfaatkan sebagai bahan bangunan.
Masalah mendasar pemasyarakatan pemakaian bambu di Masyarakat adalah informasi cara mengkonstruksi bangunan bambu yang belum sampai di masyarakat, sehingga masyarakat membangun rumah bambu hanya berdasarkan konstruksi bambu seperti yang pernah dilakukan oleh para nenek – moyang. Untuk itu kami akan menawarkan berbagai macam bangunan bambu yang kuat, alami, dan bernilai seni.

0 komentar:

Posting Komentar